Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Eksotika Puncak Mandeh di Sumatera Barat yang Langsung Menghadap Laut - Harga Tiket Masuk, Lokasi dan Jam Buka

Puncak Mandeh

Dalam sekian tahun terakhir, karisma Raja Ampat jadi lokasi rekreasi sedang tinggi-tingginya. Banyak yang berminat untuk bertandang ke kepulauan yang ada dalam ujung barat laut Pulau Papua itu.  Sayang, tidak seluruhnya dapat berlibur kesana. Selainnya jarak yang jauh, ongkos yang diperlukan  lumayan besar. Akan tetapi, untuk Anda yang bertempat tinggal di Sumatera atau sedang tamasya ke teritori itu, tidak usah risau. Lantaran, ada Puncak Mandeh yang disebut menjadi Raja Ampat-nya Sumatera Barat.

Lautan terlepas dengan beberapa pulau karang yang tersusun rapi membikin Raja Ampat membius banyak wisatawan, bukan sekedar dari dalam negeri, tapi pula luar negeri. Kepulauan yang ada dalam Papua ini benar-benar telah terkenal sebagai ‘tambang emas' untuk beberapa penggila perjalanan. Sementara, untuk beberapa penyelam luar serta dalam Indonesia, Raja Ampat dipandang seperti surga yang tidak bisa diutarakan kalimat.

Tak itu saja, Raja Ampat disebut jadi tempat yang perlu di teritori Segitiga Karang Dunia, suatu wilayah yang miliki keanekaan hayati karang paling tinggi di dunia, membujur di enam negara, tergolong Indonesia.1 Berdasar data Rapid Ecological Assessment yang sudah dilakukan Conservation International Indonesia serta The Nature Conservancy di tahun 2001 serta 2002, wilayah ini punya sekitaran 553 tipe karang.2

Keelokan Raja Ampat tak stop di sana. Daerah gabungan kecil dalam tempat ini mempunyai kekayaan satwa penyu sebagai tipe yang diproteksi, seperti penyu sisik, penyu hijau, dan penyu belimbing (Dermochelys coriacea). 

Juga ada mamalia laut seperti ikan paus dan ikan lumba-lumba, merayu banyak penyelam buat menjelajahi keelokannya.

Sayang, tak gampang buat tuju teritori Raja Ampat. Tempatnya yang ada di ujung timur Indonesia, membuat sejumlah orang, terlebih yang tinggal di ruangan barat, kesukaran buat berpiknik ke daerah itu.  Perjalanan yang panjang, belum juga cost transportasi dan fasilitas yang cukup mahal, jadikan cukup banyak turis yang terpaksa sekali menunda niatan mereka.

Nach, untuk sebagai obat rasa ingin tahu beberapa orang dapat kecantikan Raja Ampat, saat ini banyak muncul miniatur atau tiruan area elok itu.  Di Kudus contohnya, ada Bukit Puser Angin yang disebut mempunyai daya pikat serupa Raja Ampat. Sementara, di Pacitan, ada Pantai Kasip, Malang miliki Pantai Teluk Cinta, Blitar dengan Pantai Peh Pulo-nya, sampai Nusa Tenggara Timur yang menjajakan Tuamese.

Tak mau kalah dari Jawa, Pulau Sumatera pun punyai beberapa spot berlibur yang disebutkan punyai panorama yang serupa dengan Raja Ampat. Lampung semisalnya, yang memercayakan Pulau Wayang dan Riau yang menunjukkan Ulu Kasok di wilayah Kabupaten Kampar. Si tetangga, Sumatera Barat,  punyai obyek wisata kece semacam yang memiliki nama Puncak Mandeh.

Wilayah Mandeh sendiri berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, yang memang sudah jadi teritori ekowisata bahari serta dikukuhkan menjadi Wilayah Tamasya Terintegrasi Indonesia semenjak tahun 2015 waktu lalu.  Pengesahan posisi itu mengarah di lawatan wisatawan yang alami kenaikan cepat, terpenting di tahun 2013 dan 2014, sampai gapai angka 80 % buat pelancong lokal serta 5 prosen buat wisatawan asing.3

Buat turis yang suka bertandang ke arah tempat ini, dianjurkan untuk lewat lajur Carocok Tarusan dibanding melalui lajur Sungai Pisang, Padang, lantaran dipandang makin aman. Akses jalan dari Carocok Tarusan ketujuan Mandeh sekarang ini sangat bagus. Sementara, jikalau lewat lajur Sungai Pisang, pelancong penting melintasi dua turunan dan tanjakan panjang yang paling berlebihan.

Jalan dari Padang ke Mandeh sejauh 41,8 km betul-betul sangat baik serta mulus, menyingkat waktu perjalanan jadi cuman satu jam mengemudi. Tapi, situasinya relatif sempit dan banyak kelokan, turunan, dan tanjakan. Tidak hanya itu, rambu serta marka jalan di lokasi pun belum dipasang optimal, maka dari itu pengendara harus selalu waspada, khususnya pada sejumlah titik dengan tikungan tajam.

Setelah di Mandeh, pasnya di Dermaga Carocok Tarusan, turis harus melintasi teluk. Wisatawan dapat sewa kapal motor dan bayar biaya yang udah ditetapkan. Tetapi, harga sewa kapal motor ini termasuk mahal maka direkomendasikan membawa kelompok lain buat naik bersama-sama.  Opsi ke-2 , dapat beli paket tamasya Mandeh yang rata-rata lebih irit. Ke-3 , turis dapat memakai kapal antar-pulau yang acapkali dipakai orang dengan harga yang relatif murah.

Lalu, apa yang khusus dari Puncak Mandeh maka dari itu dikatakan sebagai Raja Ampat-nya Sumatera Barat? Lokasi Mandeh yakni gabungan bukit-bukit yang alami dengan keelokan teluk yang dihias dengan kelompok pulau kecil di tengah-tengah Teluk Carocok Tarusan. Saat ada dalam Puncak Mandeh, Anda dapat menyaksikan rangkaian pulau yang elok, ialah Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Sironjong Besar serta Kecil, dan Pulau Cubadak. Di sisi selatan, ada tanjung meliuk yang seperti terlihat danau dengan beberapa riak kecil. Saat itu, Pulau Pagang, Pulau Bintangor, Pulau Ular, dan Pulau Meriah membentang disamping utara.


Ada beberapa pekerjaan yang bisa Anda melakukan saat berliburan ke area ini. Bila Anda sukai melawan adrenalin, Anda dapat mengerjakan cliff jump di Pulau Sironjong Kecil. Awal mulanya, Anda diwajibkan memanjat tebing di pulau, dengan kontribusi tali tambang yang udah terlilit kuat di atas. Di lokasi ini, sudah ada anak tangga ke arah tebing untuk melonjak dari ketinggian 5 sampai 20 mtr..

Sementara, buat mereka yang suka menyelam, aktivitas diving dan snorkeling di Puncak Mandeh pasti jangan ditinggalkan. Terdapat banyak spot snorkeling serta diving yang bisa diputuskan, semua menjajakan pemandangan yang cantik. Beberapa spot itu misalnya lebih kurang Pulau Cubadak, kurang lebih Pulau Sironjong, sampai sekitaran Pulau Setan. Pengin yang lebih kece? Dapat menyelam di Web Mandeh lantaran didalamnya ada bangkai pengiriman kapal Belanda, MV Boelongan Nederland, yang kabarnya terbenam tahun 1942.

Masih tentang air, Anda juga dapat kerjakan pelbagai olahraga air yang lain, seperti jet ski, donut boat, serta banana boat. Sayang, kegiatan ini cuman bisa dicicipi dalam akhir minggu. Sementara, kalau Anda kebenaran bermalam di cottage atau kemping sampai besok harinya, Anda bisa pesan paket rekreasi memancing di tengahnya laut Teluk Carocok Tarusan waktu malam hari.

Harga sewa kamar pondokan-penginapan di atas kami ringkas dari beragam sumber, terhitung beberapa situs reservasi online. Penting disadari jika cost sewa akomodasi-akomodasi itu tak mengikat dan bisa berbeda kapan saja. Seandainya Anda perlu data lebih rinci, dapat langsung ketujuan lokasi tempat inap yang terkait.

Post a Comment for "Eksotika Puncak Mandeh di Sumatera Barat yang Langsung Menghadap Laut - Harga Tiket Masuk, Lokasi dan Jam Buka "