Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Umbul Manten Pemandian Air Sebening Kaca - Harga Tiket Masuk, Lokasi serta Jam Buka

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Umbul Manten Klaten, Maret 2022 - Berekreasi ke Kabupaten Klaten di Jawa tengah kurang komplet tiada mendatangi umbul atau pemandian alami-nya. Umbul-umbul di klaten punyai air yang mengambil sumber langsung dari mata air, hingga amat jernih dan beri kesegaran. Satu diantara umbul sangat indah di Klaten yaitu Umbul Manten yang berada di Wunut, Kecamatan Tulung, kabupaten Klaten, Jawa tengah.

Jarak menempuh dari pusat Kabupaten Klaten tuju Umbul Manten merupakan kurang lebih 19 km (km) sama waktu menempuh  lebih kurang satu jam. Umbul Manten tawarkan pemandian alami bersama air langsung dari mata air, maka dari itu begitu bersih, Sampai karena sangat jernihnya, dasar kolam yang terbagi dalam bebatuan kerikil dapat dilihat dari tepi kolam. Jenihnya pemandian alami Umbul Manten juga bisa dicicip dengan harga yang cukup bisa dijangkau.

Waktu   bertandang pada Rabu (23/3/2022), harga tiket masuk Umbul Manten Klaten sebatas Rp 10.000 perorang. Dengan nominal itu, pengunjung bisa nikmati kesegaran air Umbul Manten sepuasnya, Bea lain kecuali tiket masuk ialah kamar mandi, yaitu Rp 2.000 dan sewa kacamata renang Rp 50.000. Pengurus Umbul Manten Klaten namanya Nissa Ulfia berkata, jam buka objek wisata itu ialah jam 06.00 WIB hingga sampai 18.00 WIB. Oleh karenanya, yakinkan tidak tiba ke Umbul Manten mendekati jam tutupnya biar pengalaman berenang bertambah lebih suka.

Adapun waktu pagi saat baru buka yakni waktu terhebat untuk hadir bertamasya ke Umbul Manten.
Itu lantaran udara masih sejuk dan dingin, dan keadaan Umbul Manten masih lumayan sepi, hingga turis dapat lepas berenang. Yogyakarta telah jadi lokasi rekreasi kelas dunia. Banyak pelancong baik lokal ataupun luar negeri banyak yang datang untuk nikmati kekhasan tamasya di Jogja. Khususnya rekreasi budaya dan peristiwa. Tetapi tidak boleh salah, tetangga samping ialah Kabupaten Klaten pula tidak kalah punya potensi rekreasi seperti Kota Jogja. 

Sebutlah Candi Plaosan, bertempat gak jauh dari Candi Prambanan dan Candi Sewu. Banyak sejumlah foto tepat diambil dengan latar Candi Plaosan di jejaring sosial, Disamping tamasya candi, Kabupaten Klaten pula banyak memiliki rekreasi berbentuk Umbul, bermakna mata air ke bahasa Jawa. Antara lain ialah Umbul Ponggok dan Umbul Manten, Ke-2  lokasi itu sekarang ramai menghias medsos. Apabila Umbul Ponggok tersohor photo bawah air dengan bermacam property gak umum. Berbeda hal Umbul Manten.

Biarpun ke-2 nya mempunyai air sangatlah jernih. Umbul Manten berasa lebih alami.  Karena masih banyak pohon Ipik yang lebat dengan akar menancap kuat di dasar kolam, Disamping itu, apabila Umbul Ponggok miliki kolam lumayan luas serta kedalaman sampai 2,6 mtr.. Luas kolam Umbul Manten lebih kecil yakni panjang 70 mtr. dan lebarnya 40 mtr.. Sedang kedalaman air cuma gapai 1,5 mtr.

Maka masih lumayan aman untuk anak-anak main air di tepian kolam. Akan tetapi jangan pernah lamban kalau tidak akan sejumlah hal yang tak diharapkan terjadi, Kolam alami bersama air amat bening ini benar-benar memikat beberapa pengunjung untuk berenang di dalamnya. Sejumlah foto bawah airpun jadi penting dikerjakan, Lingkungan kolam sumber air yang teduh serta sejuk oleh pohon-pohonan besar di sekitar menjadikan jadi tempat yang paling direferensikan buat wisatawan penggemar alam.

Selainnya ke-2  kolam mata air itu, ada sumber mata air yang lain di Kabupaten Klaten. Antara lain ialah Umbul Cokro serta Umbul Pengging.

Sebenarnya, sejumlah sumber mata air itu dimanfaatkan intinya buat pengairan sawah serta kebun masyarakat, Tetapi bersamaan dengan sadarnya orang serta pemerintahan di tempat dapat kemampuan rekreasi dan datangkan kesejahteraan. Karenanya sejumlah sumber mata air itu di alih-fungsi jadi lokasi rekreasi, Lokasi Umbul Manten ada di alamat Dusun Janti, Kampung Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa tengah. Buat ketujuan lokasi tidak susah. Anda dapat ada dari arah Yogyakarta atau Kota Solo.
Umbul Manten

Bila dari arah Jogja karenanya anda harus berkendaraan tuju Klaten di Jl.Jogja-Solo. Disini ada 2 lajur, yang pertama anda bisa melalui Jl. Pemuda selanjutnya belok arah ke kiri di Jl.Sersan Sadikin, Walau bisa dijangkau lewat Jl.Sersan Sadikin akan tetapi tak disarankan dikarenakan jalannya berliku-liku, Setelah itu lajur yang ke-2  anda harus lempeng kembali di Jl.Jogja-Solo sampai bertemu Samsat Delanggu. Belok ke kiri di pertigaan setelah Samsat Delanggu di Jl.Tegalgondo-Janti.

Berlainan dengan lajur awal mulanya, anda cuman mengikut jalan itu serta sedikit menanyakan pada masyarakat kurang lebih, Begitupun dari arah Kota Solo. Sampai Pasar Kampung Tegal Gondo, belok ke kanan di pertigaan sesudahnya dan jalan lempeng saja lewat Jl Tegalgondo-Janti, Bila anda telah lewat Kolam Pemancingan Dewi Anjar karenanya baiknya menanyakan terhadap warga kurang lebih. Karena lokasi Umbul Manten tidak jauh dari kolam pemancingan itu. 

Bila kita buka peta di program Google Maps, kita menemukan kalau lokasi Umbul Manten masih bersisihan dengan lokasi Umbul Ponggok. Begitu pula lajur dari Solo atau Boyolali masih lebih dekat dibandingkan dengan dari Kota Yogyakarta, Dari Solo habiskan waktu cuman 1 jam, sementara itu dari Jogja lebih kurang 2 jam. Itu juga bila perjalanan lancar tanpa kendala macet.

Pengendalian oleh penduduk kurang lebih masih versi takarannya. Sarana yang dibangunpun masihlah jauh dari kata prima, Pengunjung dianjurkan untuk bawa sarung sendiri buat ganti kemeja. Karena bedeng tukar busana yang ada tak mencukupi. Sarana yang lain ialah masjid yang ada dekat lokasi kolam sumber air, Buat nikmati liburan Umbul Manten anda tidak usah keluarkan bujet yang banyak. Cukup bayar HTM senilai Rp.3.000,- dan parkir kendaraan senilai Rp.2.000,- anda bisa nikmati segarnya kolam alami itu. 

Anda gak penting panik bila perut berasa lapar. Ada beberapa sejumlah warung makan di seputar. Cukup mengambil kantong senilai Rp10.000,- saja, anda sudah bisa nikmati sedapnya Pecel Cenil dan es teh atau teh hangat, Pecel Cenil satu diantara makanan unik di wilayah Polanharjo, Klaten. Sebab tumbuhan cenil banyak tumbuh di sekeliling Umbul. Tanaman Cenil atau Selada Air banyak diperbudidayakan oleh warga lebih kurang, Kita bisa menyaksikan bentangan kebun Selada Air di sekitar Umbul Manten. Tanaman ini disamping nikmat pun kaya akan fungsi untuk kesehatan.

Post a Comment for "Umbul Manten Pemandian Air Sebening Kaca - Harga Tiket Masuk, Lokasi serta Jam Buka"